RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP).
(RPP).
A. IDENTITAS
Sekolah : SMA Negeri I
Telaga, Kabupaten Gorontalo
Kelas/Semester :
XII (Dua belas)/ 1 (Ganjil)
Progam : IPA
Mata Pelajaran :
Biologi
Pertemuan Ke- :
1 (Pertama)
B. STANDAR KOMPETENSI
3. Memahamani Konsep Dasar Dan
Prinsip-Prinsip Hereditas Serta Omplikasinya Pada Salingtemas
C.
KOMPETENSI DASAR
3.1
Menjelaskan konsep gen, DNA dan kromosom
D. INDIKATOR
1.
Membedakan gen, DNA dan kromosom
2. Menjelaskan fungsi gen, DNA dan kromosom
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi DNA, gen dan kromosom melalui referensi baik
buku cetak, bahan ajar maupun mengakses materi di internet, siswa diharapkan mampu :
1. Menjelaksan pengertian dari gen, DNA dan Kromosom
2. Membedakan gen, DNA dan kromosom
3. Menjelaskan fungsi gen, DNA dan kromosom
4. Membedakan bentuk-bentuk kromosom
F. ALOKASI WAKTU
2 X 45 menit ( I
kali pertemuan )
G.
MODEL DAN METODE PEMBELJARAN
a.Model Pembelajaran
b.Metode Pembelajaran
-
Ceramah
-
Diskusi
-
Tanya jawab
H.
MEDIA PEMBELAJARAN
a.
Power Point
b.
Chart
I.
MATERI PELAJARAN
Gen, DNA dan kromosom
DESKRIPSI SINGKAT MATERI
a. KROMOSOM
Asal
kata: Chroma = warna, soma = tubuh. Struktur kromosom berupa benang batang, atau bengkok
yang mengandung zat yang mudah menerina mengikat dan menyerap warna. Kromosom terdapat dalam inti sel berupa
benang-benang tipis yang disebut kromatin. Dalam
kromosom terdapat gen. Gen
merupakan unit pembawa informasi genetic.
b. GEN
Fungsi gen:
Mengatur
perkembangan dan proses metabolisme dan
menyampaikan
informasi genetika dari suatu generasi ke generasi berikutnya.
Sifat Gen
Gen merupakan unit genetik yang terdapat dalam lokus
dan memenuhi kromosom sebagai zarah yang kompak. Sifat-sifat
gen: Mengandung informasi genetic Dapat menduplikasikan diri pada
peristiwa pembelahan sel Setiap
gen mempunyai tugas dan fungsi tertentu
c.
ASAM NUKLEAT
1. DNA
a.
Struktur DNA
Asam
deoksiribonukleat acid atau disingkat DNA merupakan persenyawaan kimia yang
paling penting pada makhluk hidup, yang membawa keterangan genetik dari sel
khususnya atau dari makhluk hidup dalam keseluruhannya dari satu generasi ke
generasi berikutnya.
Menurut
Watson dan Crick, susunan DNA adalah:
1) Setiap DNA terdiri dari 2 rantai polinukleotida yang
berpilin (double heliks).
2)
Setiap
nukleotida terletak pada bidang datar yang tegak lurus seakan-akan membentuk
anak tangga, sedangkan phospat membentuk ibu tangganya.
3)
Antara
2 rantai polinukleotida dihubungkan oleh ikatan hidrogen pada masing-masing
pasangan basa nitrogennya.
4) Basa purin selalu berkaitan dengan basa pirimidin, dengan
pasangan yang selalu tetap.
(A) dari kelompok purin selalu berpasangan
dengan Timin (T) dari kelompok pirimidin, sedangkan guanin (G) selalu
berpasangan dengan Sitosin (S) dari kelompok pirimidin.
J.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Tatap Muka
1.Kegiatan
awal (10 menit)
Salam pembuka
1)
Guru memberikan salam kepada siswa.
Guru mempersiapkan kelas.
§ Guru meminta ketua kelas memimpin doa sebelum
memulai pelajaran.
§ Guru
mengabsen kehadiran siswa.
Motivasi dan apersepsi
o
Menggali pengetahuan awal siswa dengan
menanyakan kepada siswa,”Dalam pemikiran anda, jika anda melihat orang yang
kurus dan pucat .
o
Pertanyaan lanjutan, apakah yang menyebabkan
hal tersebut mengalami kekurusan ?
o
Dari jawaban siswa, guru menuliskan
materi yang akan di ajarkan kepada siswa.
o
Menyampaikan indicator.
2 . Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
§ Siswa dan Guru
-
Membentuk kelompok kecil dan bersama
teman sekelompoknya menelusuri informasi yang mereka butuhkan dan merumuskan
masalah.
-
Menggali informasi dengan membaca,berdiskusi,atau
percobaan.
-
Guru membagi LKS pada setiap kelompok
-
Guru menunjuk kelompok yang akan
presentasi
-
Kelompok yang ditunjuk mempresentasikan
hasil diskusi, dan kelompok yang lain menambahkan jawaban ataupun memeberikan
sanggahan dengan sopan pada kelompok presentasi
-
Guru memberikan umpan balik pada siswa
dengan menunjukan gambar atau slide dan
memberikan penjelasan pada siswa.
-
Menggunakan Berbagai Pendekatan dan
media
-
Melibatkan siswa secara aktif
Elaborasi
§ Siswa dan Guru
-
Melaporkan hasil eksplorasi secara lisan
atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok.
-
Menanggapai pendapat teman atau
kelompok.
-
Guru memfasilitasi peserta didik
berpikir kritis, mengganalisis, memecahkan masalah,bertindak tanpa rasa takut.
-
Menggarahkan proses diskusi siswa agar
perdebatan menggarah pada materi pembelajaran.
3.Kegiatan
akhir
Konfirmasi
§ Siswa
-
Melakukan refleksi terhadap pengalaman
kerja
-
Mengadakan Tanya jawab dengan guru
untuk menghilangkan keraguan tentang
suatu konsep
-
Menuliskan rangkuman materi yang telah
di ajarkan.
-
Menggunakan teori atau konsep yang telah
diterima untuk diterapkan pada kehidupan nyata.
§ Guru
-
Memberi umpan balik positif kepada
pseserta dan penguatan dalam bentuk lisan,tulisan,isyarat,maupun hadiah
terhadap keberhasilan siswa.
-
Berperan sebagai narasumber dan
fasilitator untuk menjelaskan pertanyaan dari siwa.
-
Memfasilitasi peserta didik untuk lebih
jauh/dalam/luas memperoleh pengetahuan
keterampilan,dan sikap.
I.
Tugas terstruktur
Materi
pelajaran untuk pertemuan II, yaitu Mencari materi Struktur dan replikasi DNA,
struktur dan macam-macam RNA di berbagai sumber yang relevan.
II.
Kegiatan mandiri
Membuat
model kromosom berdasrkan tipe-tipenya ( Tugas Kelompok)
K.
SUMBER BELAJAR
1.
Buku Biologi untuk SMA Kelas XII, D.A. Pratiwi. 2006. Penerbit Erlangga
2.
Buku Sains Biologi 3, Henny Riandari. 2007. Penerbit Tiga Serangkai
3.
Gambar struktur kromosom. DNA dan RNA
4.
Power Point DNA, gen dan kromosom
5.
LKS
L.
PENILAIAN
a.
Proses belajar
-
Kerjasama dalam diskusi
-
Ketrampilan bertanya dan berargumen
b.
Kompetensi tertulis (bentuk pilihan ganda)
1.
Kromosom somatis manusia berjumlah 46 buah, maka jumlah autosomnya
adalah...
a.
23 pasang
b.
44 buah
c.
22 buah
d.
23 buah
e.
2 buah
2.
Kromosom yang menentukan jenis kelamin disebut...
a.
Somatik
b.
Autosom
c.
Germinal
d.
Genosom
e.
Jantan dan betina
3.
Kromosom dengan letak sentromernya submedian atau menuju arah salah satu
ujung disebut...
a.
Metasentrik
b.
Submetasentrik
c.
Akrosentrik
d.
Telosentrik
e.
mediansentrik
4.
Susunan basa nitrogen pada DNA terdiri dari...
a.
A (adenin), G (guanin), T (timin), dan C (sitosin)
b.
A (adenin), U (urasil), G (guanin), dan C (sitosin)
c.
A (adenin), G (guanin), U (urasil), dan C (sitosin)
d.
A (adenin), G (guanin), T (timin), dan U (urasil),
e.
A (adenin), G (guanin), T (timin), C (sitosin) dan U (urasil)
5.
Terdapat urutan basa nitrogen CAACACGGCTACTGT pada sepotong rantai DNA
sense. Urutan basa nitrogen komplemennya adalah...
a.
CAACACGGCTACTGT
b.
UTTUTUCCUATUACA
c.
GUUGUGCCGAGAACA
d.
TGGTGTAATCGACAC
e.
GTTGTGCCGATGACA
6.
Dalam replikasi DNA, dua pita dari double
helix memisahkan diri dan
masing-masing pita yang lama mendapatkan pasangan pita yang baru seperti
pasangan yang lama. Proses di atas merupakan teori...
a.
Semikonservatif
b.
Konservatif
c.
Dispersif
d.
Konservatif dan dispersif
e.
Semikonservatif dan dispersif
7.
(a). Deoksiribosa (e). Timin
(b). Ribosa (f).
Urasil
(c). PO4- (g). Sitosin
(d). Adenin (h).
Guanin
yang merupakan molekul penyusun RNA adalah...
a.
(a), (d), (e), (g) dan (h)
b.
(a), (c), (d), (e), (g) dan (h)
c.
(b), (d), (f), (g) dan (h)
d.
(b), (c), (f), (g) dan (h)
e.
(b), (c), d), (f), (g) dan (h)
8.
Kunci Jawaban:
1. B
2. D
3. B
4. D
5. E
6. A
7. C
8. E
Pedoman Penskoran : Setiap soal jika benar diberi skor 10 dan salah diberi
skor 0, sehingga skor keseluruhan 80
RUBRIK
PENILAIAN PROSES BELAJAR PESERTA DIDIK
Lembar
Penilaian :
No.
|
Nama
|
Aspek
|
%
|
T/BT
|
||||||||
Kerja Kelompok
|
Keaktifan
|
Keberanian
Bertanya
|
||||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
Aspek
|
Skor
|
Kriteria penilaian
|
Kerja sama
dalam kelompok
|
3
|
Dapat
bekerja sama dengan baik.
|
2
|
Kurang dapat
bekerja sama dengan baik.
|
|
1
|
Tidak dapat
bekerja sama.
|
|
Keaktifan
dalam proses belajar mengajar.
|
3
|
Aktif selama
proses pembelajaran.
|
2
|
Kurang aktif selama proses pembelajaran
|
|
1
|
Tidak aktif selama pembelajaran.
|
|
Keberanian bertanya atau menjawab.
|
3
|
Sering bertanya, menjawab, beragumen.
|
2
|
Pernah bertanya, menjawab, berargumen.
|
|
1
|
Tidak pernah
bertanya, menjawab dan beragumen.
|
T = Tuntas, BT = Belum tuntas
Standar kelulusan maksimum (SKM) = 75 %
Jumlah siswa yang tuntas belajar =....... =..........%
Jumlah siswa yang belum tuntas belajar =...........
Rata-rata =........
Gorontalo, Desember
2011
MENGETAHUI,
GURU MATA PELAJARAN MAHASISWA
PPL
Dra, HARTIN ABDULLAH, M.Pd WAYAN SUTIANI
NIP. 19620618 198803 2 007 NIP.
431 408 091
LEMBAR
KERJA SISWA
(
L K S )
I. KOMPETENSI DASAR
3.2
Menjelaskan konsep gen, DNA dan kromosom
II.
INDIKATOR
1.
Membedakan gen, DNA dan kromosom
2. Menjelaskan fungsi gen, DNA dan kromosom
III.
PETUNJUK PENGERJAAN
1.
Bacalah pertanyaan dengan teliti
2.
Pahami dan diskusikan dengan teman satu
kelompok
3.
Jawablah pertanyaan
Pertanyaan
:
1. Gambar dari struktur apakah yang ada di atas?
2. Jelaskan struktur dari gambar yang ada di atas !
3. Sebutkan komponen-komponen penyusunnya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar