Senin, 16 Januari 2012

RPP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
.

A.    IDENTITAS
Sekolah                             :  SMA Negeri I Telaga, Kabupaten Gorontalo
Kelas/Semester                  :  XII (Dua belas)/ 1 (Ganjil)
Progam                              :  IPA
Mata Pelajaran                  :  Biologi
Pertemuan Ke-                  : 1 (Pertama)

B.    STANDAR KOMPETENSI
3. Memahamani Konsep Dasar Dan Prinsip-Prinsip Hereditas Serta Omplikasinya Pada Salingtemas

C.    KOMPETENSI DASAR        
3.1     Menjelaskan konsep gen, DNA dan kromosom

D.    INDIKATOR
1.      Membedakan gen, DNA dan kromosom
2.      Menjelaskan fungsi gen, DNA dan kromosom

E.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi DNA, gen dan kromosom melalui referensi baik buku cetak, bahan ajar maupun mengakses materi di internet, siswa diharapkan mampu :
1.      Menjelaksan pengertian dari gen, DNA dan Kromosom
2.      Membedakan gen, DNA dan kromosom
3.      Menjelaskan fungsi gen, DNA dan kromosom
4.      Membedakan bentuk-bentuk kromosom

F.     ALOKASI WAKTU
2 X 45 menit ( I kali pertemuan )

G.   MODEL DAN METODE PEMBELJARAN
  a.Model Pembelajaran

 b.Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Diskusi
-          Tanya jawab


H.    MEDIA PEMBELAJARAN
a.          Power Point
b.         Chart

I.       MATERI PELAJARAN
Gen, DNA dan kromosom

DESKRIPSI SINGKAT MATERI
a.      KROMOSOM
Asal kata: Chroma = warna, soma = tubuh. Struktur kromosom berupa benang batang, atau bengkok yang mengandung zat yang mudah menerina mengikat dan menyerap warna. Kromosom terdapat dalam inti sel berupa benang-benang tipis yang disebut kromatin. Dalam kromosom terdapat gen. Gen merupakan unit pembawa informasi genetic.

b.      GEN
Fungsi gen:
Mengatur perkembangan dan proses metabolisme dan menyampaikan informasi genetika dari suatu generasi ke generasi berikutnya.
 






Sifat Gen
Gen merupakan unit genetik yang terdapat dalam lokus dan memenuhi kromosom sebagai zarah yang kompak. Sifat-sifat gen: Mengandung informasi genetic Dapat menduplikasikan diri pada peristiwa pembelahan sel Setiap gen mempunyai tugas dan fungsi tertentu


c.       ASAM NUKLEAT
1.      DNA
a.      Struktur DNA
Asam deoksiribonukleat acid atau disingkat DNA merupakan persenyawaan kimia yang paling penting pada makhluk hidup, yang membawa keterangan genetik dari sel khususnya atau dari makhluk hidup dalam keseluruhannya dari satu generasi ke generasi berikutnya.
Menurut Watson dan Crick, susunan DNA adalah:
1)      Setiap DNA terdiri dari 2 rantai polinukleotida yang berpilin (double heliks).
2)      Setiap nukleotida terletak pada bidang datar yang tegak lurus seakan-akan membentuk anak tangga, sedangkan phospat membentuk ibu tangganya.
3)      Antara 2 rantai polinukleotida dihubungkan oleh ikatan hidrogen pada masing-masing pasangan basa nitrogennya.
4)      Basa purin selalu berkaitan dengan basa pirimidin, dengan pasangan yang selalu tetap.
 (A) dari kelompok purin selalu berpasangan dengan Timin (T) dari kelompok pirimidin, sedangkan guanin (G) selalu berpasangan dengan Sitosin (S) dari kelompok pirimidin.












J.      LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A.      Tatap Muka
1.Kegiatan awal   (10 menit)
*      Salam pembuka
1)      Guru memberikan salam kepada siswa.
*      Guru mempersiapkan kelas.
§   Guru meminta ketua kelas memimpin doa sebelum memulai pelajaran.
§  Guru mengabsen kehadiran siswa.
*      Motivasi dan apersepsi           
o   Menggali pengetahuan awal siswa dengan menanyakan kepada siswa,”Dalam pemikiran anda, jika anda melihat orang yang kurus dan pucat .
o    Pertanyaan lanjutan, apakah yang menyebabkan hal tersebut mengalami  kekurusan ?
o   Dari jawaban siswa, guru menuliskan materi yang akan di ajarkan kepada siswa.
o   Menyampaikan indicator.
 2 . Kegiatan Inti (60 menit)
*      Eksplorasi
§   Siswa dan Guru
-          Membentuk kelompok kecil dan bersama teman sekelompoknya menelusuri informasi yang mereka butuhkan dan merumuskan masalah.
-          Menggali informasi dengan membaca,berdiskusi,atau percobaan.
-          Guru membagi LKS pada setiap kelompok
-          Guru menunjuk kelompok yang akan presentasi
-          Kelompok yang ditunjuk mempresentasikan hasil diskusi, dan kelompok yang lain menambahkan jawaban ataupun memeberikan sanggahan dengan sopan pada kelompok presentasi
-          Guru memberikan umpan balik pada siswa dengan menunjukan gambar atau slide  dan memberikan penjelasan pada siswa.
-          Menggunakan Berbagai Pendekatan dan media
-          Melibatkan siswa secara aktif
*      Elaborasi
§   Siswa dan Guru
-          Melaporkan hasil eksplorasi secara lisan atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok.
-          Menanggapai pendapat teman atau kelompok.
-          Guru memfasilitasi peserta didik berpikir kritis, mengganalisis, memecahkan masalah,bertindak tanpa rasa takut.
-          Menggarahkan proses diskusi siswa agar perdebatan menggarah pada materi pembelajaran.
3.Kegiatan akhir  
*      Konfirmasi
§   Siswa
-          Melakukan refleksi terhadap pengalaman kerja
-          Mengadakan Tanya jawab dengan guru untuk  menghilangkan keraguan tentang suatu konsep
-          Menuliskan rangkuman materi yang telah di ajarkan.
-          Menggunakan teori atau konsep yang telah diterima untuk diterapkan pada kehidupan nyata.
§   Guru
-          Memberi umpan balik positif kepada pseserta dan penguatan dalam bentuk lisan,tulisan,isyarat,maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa.
-          Berperan sebagai narasumber dan fasilitator untuk menjelaskan pertanyaan dari siwa.
-          Memfasilitasi peserta didik untuk lebih jauh/dalam/luas memperoleh pengetahuan  keterampilan,dan sikap.


I.                   Tugas terstruktur
Materi pelajaran untuk pertemuan II, yaitu Mencari materi Struktur dan replikasi DNA, struktur dan macam-macam RNA di berbagai sumber yang relevan.
II.                Kegiatan mandiri
Membuat model kromosom berdasrkan tipe-tipenya ( Tugas Kelompok)

K.   SUMBER BELAJAR
1.       Buku Biologi untuk SMA Kelas XII, D.A. Pratiwi. 2006. Penerbit Erlangga
2.       Buku Sains Biologi 3, Henny Riandari. 2007. Penerbit Tiga Serangkai
3.       Gambar struktur kromosom. DNA dan RNA
4.       Power Point DNA, gen dan kromosom
5.       LKS

L.    PENILAIAN
a.       Proses belajar
-       Kerjasama dalam diskusi
-       Ketrampilan bertanya dan berargumen
b.      Kompetensi tertulis (bentuk pilihan ganda)
1.      Kromosom somatis manusia berjumlah 46 buah, maka jumlah autosomnya adalah...
a.       23 pasang
b.      44 buah
c.       22 buah
d.      23 buah
e.       2 buah
2.      Kromosom yang menentukan jenis kelamin disebut...
a.       Somatik
b.      Autosom
c.       Germinal
d.      Genosom
e.       Jantan dan betina
3.      Kromosom dengan letak sentromernya submedian atau menuju arah salah satu ujung disebut...
a.       Metasentrik
b.      Submetasentrik
c.       Akrosentrik
d.      Telosentrik
e.       mediansentrik
4.      Susunan basa nitrogen pada DNA terdiri dari...
a.       A (adenin), G (guanin), T (timin), dan C (sitosin)
b.      A (adenin), U (urasil), G (guanin), dan C (sitosin)
c.       A (adenin), G (guanin), U (urasil), dan C (sitosin)
d.      A (adenin), G (guanin), T (timin), dan U (urasil),
e.       A (adenin), G (guanin), T (timin), C (sitosin) dan U (urasil)
5.      Terdapat urutan basa nitrogen CAACACGGCTACTGT pada sepotong rantai DNA sense. Urutan basa nitrogen komplemennya adalah...
a.       CAACACGGCTACTGT
b.      UTTUTUCCUATUACA
c.       GUUGUGCCGAGAACA
d.      TGGTGTAATCGACAC
e.       GTTGTGCCGATGACA
6.      Dalam replikasi DNA, dua pita dari double helix  memisahkan diri dan masing-masing pita yang lama mendapatkan pasangan pita yang baru seperti pasangan yang lama. Proses di atas merupakan teori...
a.       Semikonservatif
b.      Konservatif
c.       Dispersif
d.      Konservatif dan dispersif
e.       Semikonservatif dan dispersif
7.      (a). Deoksiribosa         (e). Timin
(b). Ribosa                   (f). Urasil
(c). PO4-                           (g). Sitosin
(d). Adenin                  (h). Guanin
yang merupakan molekul penyusun RNA adalah...
a.       (a), (d), (e), (g) dan (h)
b.      (a), (c), (d), (e), (g) dan (h)
c.       (b), (d), (f), (g) dan (h)
d.      (b), (c), (f), (g) dan (h)
e.       (b), (c), d), (f), (g) dan (h)
8.     
 






Kunci  Jawaban:
1.      B
2.      D
3.      B
4.      D
5.      E
6.      A
7.      C
8.      E

Pedoman Penskoran : Setiap soal jika benar diberi skor 10 dan salah diberi skor 0, sehingga skor keseluruhan 80


RUBRIK PENILAIAN PROSES BELAJAR PESERTA DIDIK

Lembar Penilaian :
No.
Nama
Aspek
%
T/BT
Kerja Kelompok
Keaktifan
Keberanian
Bertanya
3
2
1
3
2
1
3
2
1
1












2












3












Dst













Keterangan :
Aspek
Skor
Kriteria penilaian
Kerja sama dalam kelompok
3
Dapat bekerja sama dengan baik.
2
Kurang dapat bekerja sama dengan baik.
1
Tidak dapat bekerja sama.
Keaktifan dalam proses belajar mengajar.
3
Aktif selama proses pembelajaran.
2
Kurang aktif selama proses pembelajaran
1
Tidak aktif selama pembelajaran.
Keberanian bertanya atau menjawab.
3
Sering bertanya, menjawab, beragumen.
2
Pernah bertanya, menjawab, berargumen.
1
Tidak pernah bertanya, menjawab dan beragumen.
T = Tuntas, BT = Belum tuntas
Standar kelulusan maksimum (SKM) = 75 %
Jumlah siswa yang tuntas belajar =....... =..........%
Jumlah siswa yang belum tuntas belajar =...........
Rata-rata =........       

  Gorontalo,         Desember 2011
             MENGETAHUI,                                                   
    GURU MATA PELAJARAN                                      MAHASISWA PPL



Dra, HARTIN ABDULLAH, M.Pd                                WAYAN SUTIANI
NIP. 19620618 198803 2 007                                              NIP.  431 408 091

LEMBAR KERJA SISWA
( L K S )

I.       KOMPETENSI DASAR          
3.2     Menjelaskan konsep gen, DNA dan kromosom

II.    INDIKATOR
1.      Membedakan gen, DNA dan kromosom
2.      Menjelaskan fungsi gen, DNA dan kromosom

III. PETUNJUK PENGERJAAN
1.      Bacalah pertanyaan dengan teliti
2.      Pahami dan diskusikan dengan teman satu kelompok
3.      Jawablah pertanyaan
 













            Pertanyaan :
1.      Gambar dari struktur apakah yang ada di atas?
2.      Jelaskan struktur dari gambar yang ada di atas !
3.      Sebutkan komponen-komponen penyusunnya!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar